Solidaritas Sesama Manusia di Tengah Pandemi

Solidaritas Sesama Manusia di Tengah Pandemi

Masa pandemi COVID-19 memang menjadi salah satu masa paling kelam bagi seluruh masyarakat di dunia. Hampir seluruh aspek kehidupan seperti pendidikan dan ekonomi terhenti karena adanya wabah virus COVID-19. Hal ini juga membuat dampak yang sangat besar terhadap kehidupan masyarakat terutama masyarakat kelas menengah ke bawah. Jika mereka tidak keluar untuk bekerja, mereka tidak mempunyai pendapatan yang bisa digunakan untuk menyambung hidup. Akan tetapi, jika mereka keluar bekerja, maka ancaman virus COVID-19 mengintai mereka. Selain itu, banyak keluarga masyarakat yang menjadi pasien COVID-19 dikucilkan masyarakat. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap cara menghadapi COVID-19. Oleh karena itu, saat ini solidaritas sesama manusia menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Ada beberapa bentuk solidaritas yang bisa dilakukan di tengah pandemi.

  • Memberikan Dukungan Bagi Para Keluarga Pasien COVID-19

Ketika seseorang didiagnosis positif terhadap virus COVID-19, maka keluarga pasien tersebut harus melakukan isolasi mandiri untuk mencegah penularan virus COVID-19. Pada saat inilah, solidaritas sesama manusia sangat dibutuhkan. Masyarakat di sekitarnya harus memberikan dukungan baik moril maupun materiil bukan justru menjauh dan membiarkan keluarga tersebut terlunta – lunta. Mereka bisa memberikan bantuan makanan agar keluarga tersebut tetap makan dengan layak dan memberikan dukungan secara moriil meskipun tidak bertemu secara langsung. Hal ini akan sangat membantu keluarga pasien yang sedang diisolasi.

  • Memberikan Dukungan Kepada Orang Yang Kehilangan Pekerjaan

Di tengah pandemi COVID-19, banyak orang yang kehilangan sumber pendapatannya entah karena PHK maupun penurunan pendapatan dari konsumen, dll. Oleh karena itu, solidaritas sesama manusia dalam bentuk kebutuhan finansial sangatlah dibutuhkan. Penggalangan dana bisa dilakukan dan disalurkan kepada mereka yang membutuhkan. Penyaluran bantuan juga bisa dilakukan melalui LSM yang memang mengurusi masalah sosial. Meskipun sedikit, hal ini tentu akan sangat membantu mereka yang membutuhkan. Sehingga, kasus dimana ada warga yang meninggal karena kelaparan di tengah pandemi COVID-19 tidak akan kembali terulang.