Pentingnya Solidaritas Sesama Manusia dalam Kehidupan

Pentingnya Solidaritas Sesama Manusia dalam Kehidupan

Kata solidaritas merupakan salah satu kata yang sering digunakan dalam kehidupan sehari – hari. Akan tetapi, terkadang masih banyak orang yang tidak mengerti pentingnya solidaritas dalam kehidupan sosial. Solidaritas timbul akibat perasaan emosional dari suatu individu atas hubungan antar individu atau anggota kelompok. Sedangkan solidaritas sesama manusia merupakan perasaan emosional akibat adanya persamaan penderitaan dan keadaan yang terjadi. Perasaan solidaritas ini akan memunculkan gerakan kesetiakawanan yang masif dilakukan oleh beberapa kelompok.

  • Bentuk dari Solidaritas

Ada beberapa bentuk solidaritas sesama manusia yang bisa terjadi di masyarakat. Salah satunya adalah gotong royong. Kegiatan ini sering dijumpai dalam kehidupan masyarakat semisal gotong royong membersihkan jalan dari pohon yang tumbang. Gotong royong terjadi karena perasaan senasib yang merasa terganggu akibat adanya pohon tumbang yang ada di jalan. Akibat perasaan senasib muncul solidaritas di antara warga untuk membersihkan jalan secara gotong royong. Bentuk solidaritas yang kedua yaitu adanya kerjasama. Biasanya bentuk solidaritas ini muncul di sebuah kelompok ketika ada misi, tantangan, atau ancaman yang bersinggungan dengan kelompok. Hal inilah yang menjadi alasan pentingnya solidaritas dalam kehidupan sosial.

  • Bagaimana Cara Menumbuhkan Solidaritas?

Salah satu pertanyaan penting adalah bagaimana cara menumbuhkan solidaritas sesama manusia? Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menumbuhkan solidaritas antar manusia. Salah satunya adalah dengan menumbuhkan empati pada orang lain. Rasa empati dapat membuat seorang manusia mampu memahami perasaan orang lain dan mengerti bagaimana kebutuhan orang tersebut. Perasaan empati tersebut yang akhirnya akan menumbuhkan rasa solidaritas.

Cara lain yang bisa digunakan untuk menumbuhkan solidaritas adalah dengan melakukan silahturahmi dengan orang lain. Seseorang yang sering melakukan silahturahmi akan mampu membuat hubungan yang erat dengan anggota kelompok yang lain. Sehingga, perasaan solidaritas akan lebih mudah untuk bertembuh. Solidaritas juga dapat ditumbuhkan dengan melalukan saling sapa ketika bertemu dengan orang lain. Hal ini bisa menumbuhkan perasaan kesetiakawanan yang akhirnya akan memperkuat solidaritas di antara manusia.